Pantai yang Wajib Kamu kunjungi Di Garut

Garut merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang memiliki keragaman kondisi geografis. Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Garut bisa menjumpai tempat wisata alam pegunungan, tempat wisata pantai yang indah, maupun hamparan pemandangan sawah yang menghijau di wilayah dataran rendah. Liburan ke tempat wisata di Garut akan terasa lebih lengkap bila saat pulangnya Anda membawa oleh-oleh makanan khas Garut, yaitu dodol Garut.


Pada artikel terdahulu kita telah membahas sejumlah tempat wisata di Garut yang mempesona wisatawan dari dalam dan luar negeri. Daya tarik wisata Garut antara lain: Taman Satwa Cikembulan di Kadungora, air terjun Curug Orok di kaki Gunung Papandayan, pendakian menuju kawah Gunung Papandayan, perkemahan di sekitar Gunung Papandayan, wisata ziarah ke makam Umar Ja’far Sidiq di Leuwigoong, maupun menyaksikan tradisi kesenian adu domba.
Sebagai kabupaten yang lokasinya berdekatan dengan Kota Bandung, Garut diuntungkan oleh limpahan turis yang berkunjung ke tempat wisata di Bandung. Para wisatawan tertarik mengunjungi beragam obyek wisata di Garut karena Garut berada pada satu jalur liburan di Jawa Barat. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas sejumlah obyek wisata pantai indah yang ada di Kabupaten Garut. Apa saja daftar nama pantai-pantai indah di Kabupaten Garut?


Transportasi Liburan Ke Obyek Wisata di Garut
Secara geografis, Kabupaten Garut dibagi menjadi dua, yaitu Garut Utara dan Garut Selatan. Wilayah Garut Utara dicirikan dengan alam pegunungan yang luas. Sementara itu, daerah Garut Selatan didominasi oleh tanah dataran rendah. Obyek wisata pantai di Garut berada di wilayah selatan. Mari kita bahas terlebih dulu jalur transportasi menuju tempat wisata pantai di Garut Selatan. Kebanyakan transportasi umum di Garut berupa mobil elf atau minibus. Tarif angkot di Garut sekitar Rp 10.000 per orang tiap kali naik.

Menurut pengalaman Lina Sasmita dari milis backpacker, transportasi liburan ke tempat wisata di Garut tidaklah sulit. Dari terminal Garut, wisatawan sebaiknya menunggu angkutan umum agak keluar sedikit dari area terminal. Agak keluar dari terminal Garut, terdapat angkot yang memiliki jalur menuju Pameungpeuk dengan melewati wilayah Cisurupan. Cisurupan adalah desa di kaki Gunung Papandayan yang dijadikan titik awal pendakian Gunung Papandayan.

Cisurupan juga menjadi jalur utama transportasi darat bagi angkot yang menuju ke daerah yang berada di Garut Selatan. Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan akan berganti angkot begitu mereka sampai di Cisurupan. Sesampai di Cisurupan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Pameungpeuk, sebagian lagi bisa sampai di daerah Cikelet. Kalau sudah sampai Pameungpeuk, backpacker dan wisatawan bisa lebih mudah menjelajahi obyek wisata pantai di Garut dengan menyewa ojek.

Bagaimana dengan urusan tempat menginap selama liburan menjelajahi pariwisata Garut? Jangan khawatir, ada banyak losmen dan tempat penginapan murah di Garut yang bisa langsung Anda pilih begitu sampai disana. Beragam hotel murah di Garut telah dibangun untuk mendukung pariwisata Garut yang semakin berkembang seiring dengan program promosi wisata yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Wilayah pantai di Garut Selatan menjadi muara bagi dua buah sungai besar yang mengalir di Garut, yaitu Sungai Cilaki dan Sungai Cikandang. Sungai-sungai tersebut turut memberi warna bagi keindahan pemandangan alam pantai-pantai di Garut, yaitu Pantai Pameungpeuk, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, Pantai Cilauteureun, Pantai Gunung Geder, Pantai Cicalobak, Pantai Puncak Guha, dan Pantai Karang Tepas. Selain nama-nama pantai tersebut, masih banyak desa-desa pantai di Garut yang menarik untuk dijelajahi.
Apa saja daya tarik wisata pantai-pantai terkenal di Garut Selatan? Pantai Gunung Geder merupakan tempat wisata pantai yang indah di Jawa Barat. Pantai Gunung Geder terkenal karena pemandangan alam berupa pasir pantai yang berwarna putih. Sedangkan Pantai Cicalobak mempunyai panorama laut yang menakjubkan karena susunan karang laut yang indah. Lain lagi dengan Pantai Puncak Guha di Garut. Pantai Puncak Guha memiliki daya tarik utama berupa sebuah gua yang dihuni oleh ratusan kelelawar liar.

Jika wisatawan memutuskan mengeksplor obyek wisata pantai yang ada di sekitar daerah Cikelet, maka pilihan tempat liburan terdekat adalah ke Pantai Cilauteureun, Pantai Pameungpeuk, dan Pantai Sayang Heulang. Daftar tempat wisata terindah di Garut Selatan tersebut mempunyai pemandangan alam yang menakjubkan. Pantai Sayang Heulang dikenal memiliki panorama pantai yang menakjubkan. Banyak fotografer mengabadikan keindahan tempat wisata di Jawa Barat ini menjadi sebuah potret wisata

Kemudian, kapan waktu terbaik liburan ke tempat wisata di Garut? Pada dasarnya tidak ada perbedaan waktu kunjungan sepanjang tahun. Kabupaten Garut sama seperti halnya kebanyakan tempat wisata di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan limpahan sinar matahari sepanjang tahun. Anda bisa berlibur ke Garut kapan saja ketika persiapan liburan telah mencukupi.
Meski demikian, menurut pengalaman Dewi, waktu terbaik traveling ke tempat wisata di Garut adalah bulan April dan Mei. April dan Mei merupakan awal mula para petani menanam padi di sawah. Cuaca pada bulan tersebut pada umumnya juga cerah dan jarang turun hujan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambar tempat wisata yang bagus pada obyek wisata di Garut. Ayo liburan ke tempat wisata di Garut!

4 komentar:

KAMI SAHABAT ANDA SELAMA DI BELITUNG mengatakan...

Apa anda ada keinginan untuk memijakkan kaki anda di Negeri Laskar Pelangi ?
Belitung island yg adalah Bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
apa anda juga terpikir ongkos & biaya yg dihabiskan?
#
memang saya akui, harga dari tiket penerbangan kemari, kadang masih terkesan mahal. apalagi pada masa liburan & weekend. & kita tidak menampik, kata orang2 sih, liburan ke belitung jauh lebih mahal daripada ke bali.
tapi menurut saya, sesuai aja sih, suasana alam yg ada disini, pasti membuat anda nyaman bagi yg pecinta alam!
anda tidak perlu takut macet, jalan e plonk.... nyaris jarang ditemukan jalan berlubang!
kami juga akan referensikan buat anda yg suka backpacker, dg rute pulang menggunakan jasa kapal PELNI.
kami usahakan informasi terbaik, sesuai selera anda!!!
contact : +6281331939505

Mamid mengatakan...

keren banget tempat wisata garut,

Paket promo umroh murah mengatakan...

terimakasih info nya

distributor gamis dewasa anak grosir mengatakan...

artikel yang bagus.

Posting Komentar