Pantai Papuma Keindahan di Permukaan dan di Dalam Laut

Pernah mendengar nama pantai papuma?
Pantai dengan nama panjang Pasir Putih Malikan ini terletak di pesisir pantai selatan Jawa. Pantai Papuma tergolong pantai yang memiliki pasir putih dan ombak yang sedang. Untuk mencapainya, Anda cukup menghabiskan waktu sekitar 2 jam dari kota Jember dengan kecepatan 60km/jam. 
pantai papuma,tanjung papuma
Pantai Papuma Di lihat dari atas bukit
Pantai papuma, masih alami dan asri belum tersentuh dengan pembangunan infrastruktur, hanya beberapa cottage kecil yang ada di sekitar pantai yang disediakan bagi tourist yang ingin menginap. 

Seperti namanya, Pantai Papuma memiliki pasir putih yang bersih dan lembut, cocok untuk bermain. Ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar membuat pantai ini tak terlalu berbahaya, namun jangan harap bisa berenang dengan aman di tepian pantai, sebab pantai ini memiliki karang-karang. Pemandangan yang sangat indah ada di depan pantai, sebuah "menara" karang yang berdiri kokoh menjulang. Batu karang tersebut bernama siti hinggil yang berarti tanah tinggi.

Siti Hinggil, karang yang berdiri setinggi 50 meter
Untuk menikmati keindahan pantai dan karang dari atas, terdapat anak tangga yang sengaja dibangun untuk memudahkan wisatawan mendaki bukit. Dari atas pemandangan akan terlihat sangat indah, selain pantai pasir putih dan karang, di sana juga terdapat perahu nelayan yang bersandar di pantai.
Deretan anak tangga dan saung untuk menikmati keindahan
Pantai Papuma dari atas bukit
Selain keindahan di permukaan laut, pantai papuma juga menyimpan keindahan yang begitu indah di dalamnya. Terumbu karang dan satwa laut di dalamnya dapat dilihat dengan jelas saat kita melakukan diving atau snorkling. Kondisi pantai yang masih alami memungkinkan satwa bawah laut ini hidup dan membentuk sebuah koloni yang indah. Namun, untuk melakukan penyelaman haruslah yang sudah profesional, sebab arus bawah laut pantai ini cukup deras.



Sayangnya belum banyak fasilitas yang disediakan di pantai ini, karena belum sepenuhnya dikembangkan. Untuk memasuki wisata ini biaya retribusinya cukup murah hanya Rp. 7.000

2 komentar:

splindit mengatakan...

tolong direvisi artikelnya untuk ke pantai papuma dari kota jember cuma membutuhkan waktu 2 jam kurang menit dengan kecepatan 60 Km/jam

Herma Davian mengatakan...

terimakasih mas koreksinya :)

Posting Komentar