Miris, 80% Pariwisata di Bali Dikuasai Pihak Asing


Bali menjadi salah satu tujuan wisata Dunia yang ada di Indonesia. Tak heran jika Pulau Dewata menyumbang devisa bagi negara dengan jumlah yang cukup besar dari hasil perputaran uang yang sebagian besar dari wisatawan mancanegara. tapi ternyata dibalik kemajuan industri wisata di Bali, taukah Anda, bahwa 80% dikuasai oleh pihak asing ?

bali, wisata bali, industri wisata, wisata kota,
Sebagian besar Cafe dan resort di Bali merupakan milik asing

Fakta tersebut diungkapkan oleh Kamar Dagang dan Industri propinsi Bali. Mereka mencatat sebesar 80% investasi di bidang pariwisata Bali berasal dari investor luar negeri. Hal ini sangat miris dan berbahaya bagi perekonomian Bali, pasalnya investasi yang masuk nyatanya tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Bali terlebih kalangan masyarakat tidak mampu. Keuntungan dan manfaat yang berasal dari sektor wisata hanya dirasakan oleh pihak investor (pemilik modal) sedangkan keuntungan yang diperoleh dibawa ke luar Bali.

Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, maka dikhawatirkan masyarakat Bali hanya akan menjadi penonton di tanahnya sendiri.Banyak pihak yang berharap Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang bisa melindungi pengusaha lokal, sebab selama ini pergerakan investor asing setiap tahun semakin bertambah karena gerakannya tidak dipersempit. Pemerintah juga dituntut untuk berperan aktif dalam melindungi dan memberikan penyertaan modal bagi pengusaha lokal, dengan begitu Bali tidak akan jadi tambang emas bagi pihak asing.

Via - Beritasatu.com

0 komentar:

Posting Komentar