Menikmati Air Terjun Perawan Sidoharjo Kulon Progo


Topografi Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta yang 70% merupakan pegunungan ternyata menyimpan berbagai keindahan alam tersendiri. Salah satunya adalah Air terjun perawan Sidoharjo. sebenarnya nama perawan bukan nama air terjun ini, hanya saya bingung untuk menamai air terjun ini karena ketika ditanyakan ke warga yang berada di dekat air terjun ini, mereka tidak tahu namanya hanya menyebutnya sebagai "grojogan" (bahasa jawa :air terjun). Disebut air terjun perawan karena, memang wisata alternatif di kulon progo ini masih alami dan asri. 
wisata alam, wisata alternatif, objek wisata kulon progo, air terjun, air terjun sidoharjo samigaluh
Air terjun Sidoharjo Kulon Progo

Air terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat, sehingga air jatuh begitu saja dari tebing batu cadas. Airnya yang jernih dan dingin sangat cocok untuk melepas lelah dan bermandi ria. Di dasar air terjun banyak terdapat tanaman bunga yang beraneka macam menambah indahnya pemandangan yang ada di sekitar air terjun. Selain bisa menikmati air terjun dan tebing vertikal, d sini juga terdapat beberapa kera ekor panjang yang seringkali menampakkan diri di atas tebing.
wisata alam, wisata alternatif, objek wisata kulon progo, air terjun, air terjun sidoharjo samigaluh
Tanaman dan bunga menghiasi sekitar air terjun

Untuk mengakses ke lokasi wisata ini memang tidak mudah, karena harus melewati jalan setapak dan terjal menuruni bukit. Mungkin ini alasan mengapa air terjun ini masih perawan dan belum banyak diketahui orang. Panorama alam yang tersaji juga akan membelalakan mata, karena hamparan hutan khas pegunungan dipadu dengan sejuknya udara tentu akan melepas penat yang ada di pikiran.
wisata alam, wisata alternatif, objek wisata kulon progo, air terjun, air terjun sidoharjo samigaluh
Ketinggian Air Terjun sekitar 75 meter

Berikut ini rute perjalanan menuju Air terjun perawan sidoharjo kulon progo.
Air terjun Sidoharjo berada di dusun Gonolangu Desa Sidoharjo, Kecamatan. Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso. MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak, dan selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan. 
Untuk masuk ke kawasan rtersebut tidak dipungut biaya dan kendaraan bisa dititipkan di rumah warga.

Foto : Courtesy by Sobondeso

2 komentar:

paket wisata lombok gili bali mengatakan...

waw keren air terjun nya :)
kapan-kapan bisa dtng ksini nih

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

paket wisata lombok tour gili trawangan marlionllc mengatakan...

Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

Posting Komentar