Menurut laporan tersebut, wisatawan memberikan penilaian terhadap fasilitas akomodasi di Indonesia di atas rata-rata dan secara konsisten pada skor di atas 4 (skala 5). Sehingga rata-rata skor yang dimiliki oleh penyedia akomodasi di Indonesia adalah 4,15.
Fasilitas Hotel terus ditingkatkan demi kenyamanan wisatawan |
Yang membanggakan, angka itu berada di atas rata-rata dunia yang hanya 4,01. Skor tinggi yang dicapai oleh penyedia akomodasi di Indonesia tak lepas dari tingginya pelayanan, kebersihan, dan kualitas tidur wisatawan. TripAdvisor juga memetakan penilaian untuk dua jenis Hotel, yaitu Hotel besar dan Hotel yang hanya menyadiakan tempat tidur dan sarapan saja (B&B). Hasilnya, B&B memiliki skor yang lebih tinggi yaitu 4,13 sedangkan hotel besar terpaut beberapa poin ke angka 4,10.
Hasil studi ini tentu saja membawa angin besar bagi perkembangan dunia pariwisata di Indonesia. Wisatawan mancanegara sudah menilaibaik penyediaan akomodasi dan fasilitas yang menunjang pariwisata. Tinggal bagaimana meningkatkan fasilitas dan kebersihan di tempat wisata yang dirasa masih kurang.
Penulis; Hermawan - TripodAdvisor.com
1 komentar:
Semoga informasi ini dapat menambah motivasi untuk semua yang terlibat didalam kegiatan wisata di tanah air, dan agar kita dapat menjadi tuan rumah yang terbaik dibidang wisata,,,
Posting Komentar