Situs Penatih, Candi Hindu Terbesar Di Bali

Sebuah situs purbakala yang diduga sebagai candi Hindu ditemukan di Bali saat pembangunan konstruksi sebuah bangunan. Situs purbakala itu memang ditemukan secara tidak sengaja oleh pekerja konstruksi saat melakukan penggalian tanah untuk pemnbuangan air. Para pekerja menemukan sisa-sisa batu candi berukuran 1 meter kali 40 cm, dan kemudian melaporkannya ke dinas Arkeologi Bali. Setelah dilakukan penggalian lanjut ditemukan pondasi bangunan tersebut sedalam 20 meter.

candi terbesar di bali,penemuan candi di bali,penggalian candi di bali,candi terbesar di bali,wisata sejarah
Ilustrasi: penggalian temuan candi

Ahli arkeolog memperkirakan bangunan tersebut dibuat pada abad 13 sampai 14 masehi. Mereka menyebut temuan itu sebagai situs penatih yang juga diketahui sebagai Candi terbesar yang ditemukan di Bali. Pasalnya Candi terbesar saat ini (Candi Wasa) mempunyai tinggi 10 meter, sedangkan Candi di Situs penatih ini mencapai kedalaman 20 meter itu juga belum sampai ke dasarnya. Candi yang ditemukan ini mempunyai ciri-ciri sama dengan Candi yang ada di Jawa Timur.

Sayangnya, penggalian situs ini baru akan dilanjutkan lagi pada tahun 2013 nanti akibat kurangnya anggaran yang dimiliki oleh Balai Arkeologi Bali. Penggalian dan pengangkatan Candi akan dilakukan lagi setelah kami punya cukup dana untuk itu", terang Kepala Balai Arkeologi Bali Made Geria

0 komentar:

Posting Komentar