Pulau Natuna

"Natuna adalah salah satu daerah terluar dan terdepan Indonesia berupa gugusan kepulauan dengan luas daratan hanya 10 persen dari seluruh luas wilayahnya,"  ungkap salah satu tim 100 Hari Keliling Indonesia, Titis Setianingtyas, di Jakarta.

Natuna, menurut Titis, berupa pulau-pulau kecil yaitu Bunguran, Jemasa, Serasan, Midai, Bintang, Sedanu dan Laut. Pulau Bunguran menjadi pulau yang terbesar diantara pulau lainnya, di sini pun memiliki Kota Ranai sebagai ibukota Kepulauan Natuna.

Dengan wilayah berbentuk kepulauan, soal potensi wisata Natuna sudah tak diragukan lagi. Menurut Titis, Natuna memiliki pantai dengan bongkahan batu besar bernama Alif Stone Park. Di sana juga banyak tempat wisata lain yang wajib dikunjungi seperti Masjid Agung, Museum Sri Serindit, serta kehidupan kebudayaan masyarakat di Kecamatan Sendanu.

"Masjid Agung, arsitekturnya indah dengan kubah mirip kubah Taj Mahal. Masjid ini adalah maskot Kota Ranai. Di Museum Sri Serindit tersimpan benda bersejarah dari harta karun kapal yang ditemukan di perairan Natuna. Di Kecamatan Sendanu, wilayah ini juga terkenal sebagai asal para pencari harta karun," papar Titis.

Namun sayangnya, ujar Titis, keindahan alam dan budaya Natuna sebagai potensi wisata tak dibarengi dengan kemudahan akomodasi. Padahal, Natuna adalah salah satu kabupaten terkaya di Indonesia. Pada tahun 2012, APBD kabupaten ini mencapai Rp 1,5 triliun.

"Sayang, besarnya APBD tidak berbanding lurus dengan kondisi infrastruktur dan transportasi di Natuna," katanya.

"Butuh waktu dua hari dua malam perjalanan laut untuk menjangkau Natuna, transportasi udaranya juga terbilang jarang. Kondisi ini berakibat ma epihal dan sulitnya memenuhi kebutuhan pokok," tambah Titis.

1 komentar:

Mp Blogger 3 mengatakan...

Pantai losari emang oke
Semoga tempat wisata indonesia makin maju

Posting Komentar