Jembatan Akar Berumur Ratusan tahun Jadi Daya Tarik Wisata

Sumatera Barat memang terkenal dengan wisata alamnya yang masih alami dan asri. Salah satu yang menjadi primadona adalah Jembatan Aka (Jembatan Akar) yang berada di kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir. Jembatan akar ini terletak 80 km dari kota Padang. Melintasi Sungai bayang, jembatan akar ini menjadi penghubung  antara dua desa yaitu Pulut-pulut dan  Lubuak Silau. 
jembatan akar,jembatan akar sumatera utara,jembatan aka, wisata alam, sejarah jembatan akar
Jembatan Akar Sumatera Barat

Jembatan akar ini terbilang unik, pasalnya dengan usia ratusan tahun, jembatan ini semakin hari justru semakin kokoh dan kuat. Sebab, seperti namanya, jembatran akar memang dibuat dari untaian akar pohon beringin yang berada di tepian sungai. Dengan panjang jembatan sejauh 30 meter, melintasi sungai Bayang dengan ketinggian 3 meter.
jembatan akar,jembatan akar sumatera utara,jembatan aka, wisata alam, sejarah jembatan akar
Jembatan akar masih digunakan warga dalam kesehariannya

Jembatan akar ini memang sengaja dibuat pada tahun 1890, oleh tokoh Adat yang bernama Angku Ketek untuk menggantikan jembatan bambu yang selalu hanyut jika terkena arus sungai saat sungai meluap. Uniknya, jembatan akar baru bisa digunakan 25 tahun selanjutnya, setelah rajutan akar kedua pohon beringin menjadi kokoh.
jembatan akar,jembatan akar sumatera utara,jembatan aka, wisata alam, sejarah jembatan akar

Jembatan akar kini menjadi wisata alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, selain bisa menikmati melintas di jembatan akar, wisatawan juga bisa menikmati fasilitas berupa restoran dan juga resort. Tertarik untuk mencobanya?

4 komentar:

aguz_cakep89 mengatakan...

Jembatan akar itu sumatra barat bukan sumut!

Unknown mengatakan...

hehehe iya mas.agus tadi lagi ngantuk pas ngetiknya :D

agriculturproduct mengatakan...

Biasa mas agus.ini sebuah trik.hehehe

outbound di bogor mengatakan...

menarik

Posting Komentar