Wisata ke Danau Kelimutu

Danau Kelimutu ini terdiridari 3 danau yang masing-masing punya warna yang berbeda-beda. Danau ini terletak di puncak Gunung kelimutu dan berada pada ketinggian 1.631 m dari permukaan laut. Danau ini masuk dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu.


Danau/Tiwu Kelimutu ini dibagi atas 3 bagian dan sesuai warna danau tersebut. Danau yang berwarna biru disebut “Tiwu Nuwa Muri Koo fai”, yang berwarna merah disebut “Tiwu Ata Polo”, sedangkan yang berwarna putih disebut “Tiwu Ata Mbupu”.

Pernah dikabarkan bahwa danau yang berwarna merah dapat berubah menjadi hijau tua serta merah hati, di danau yang lain yang berwarna hijau tua menjadi hijau muda, dan di danau yang lain yang asalnya coklat kehitaman menjadi biru langit.

Tapi dikabarkan pula pada 20 oktober 2009 lalu, kalau dnau 3 warna Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini berubah menjadi satu warna, yakni yang asalnya merah, putih, dan biru. Dan hal itu cukup menggemparkan warga sekitar danau.

Setiap warna danau dan setiap perubahan warna danau Kelimutu, oleh warga sekitar selalu dianggap misteri dan tanda akan terjadinya sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar