Mari Mudik Bersama

Pulang kampung adalah salah satu momen favorit saat lebaran. Mudik adalah momen silaturahmi yang tak mungkin diabaikan. Kala mudik lah, kita bisa bertatap wajah dan bertukar cerita dengan sanak saudara yang sudah lama tak ia temui.

Namun mudik bukan tanpa risiko, terlebih bagi anda yang menggunakan mobil pribadi. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas membuat kita harus lebih berhati­-hati. Berikut 6 hal yang dapat anda persiapkan dua minggu sebelum mudik. :
  1. Memasukkan mobil ke bengkel resmi untuk memastikan mesin mobil, ban, dan rem dalam kondisi prima untuk perjalanan jauh dan macet.
  2. Memastikan surat-surat berkendara (SIM, STNK) ada dan tidak kadaluarsa. Penting membawa peta atau GPS. Jangan ragu untuk bertanya pada polisi di pos-pos jaga.
  3. Merancang dan memahami rute perjalanan mudik, termasuk jalan alternatif.
  4. Melengkapi peralatan pendukung. Menaruh senter, kunci roda, dongkrak, tali derek, segitiga pengaman, dan kotak P3K di bagasi.
  5. Packing secara efektif dan efisien. Menyeleksi baik-baik apa yang PERLU dibawa (bukan INGIN dibawa).
  6. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika mata mengantuk, segera menepi dan beristirahat. Tidak lupa menggerakkan badan.

0 komentar:

Posting Komentar