Tempat Wisata Favorit di Malang

Malang, Jawa Timur sudah menaklukan hati banyak traveler dengan pesonanya. Banyak kekayaan alam dan tempat wisata lainnya yang menjadi kelebihan kota ini. Tapi, ini dia yang paling favorit di mata para pembaca detikTravel.
Aksesnya mudah dan memiliki banyak tempat wisata, itulah sedikit gambaran tentang Malang. Selain itu, beberapa kawasan di Malang juga dikenal dengan kesejukannya. Makinlah Kota Apel ini salah satu destinasi yang digemari banyak wisatawan.
Sejak Senin hingga Rabu 22-23 Oktober 2012 kemarin, detikTravel menggelar survei tentang tempat liburan favorit di Malang. Respon luar biasa ditunjukan oleh para d’Traveler. Dari banyaknya pilihan yang masuk, detikTravel Kamis (25/10/2012), menjaring 5 destinasi favorit para pembaca setia detikTravel di Malang:



1. Pulau Sempu (26 persen)
Meskipun tidak berada persis di Kota Malang, tapi ternyata Pulau Sempu mampu menarik perhatian sebanyak 26 persen d’Traveler. Pulau kecil di selatan Malang ini kerap disebut-sebut sebagai surga tersembunyinya Jawa Timur.
Anda bisa menyambangi pulau ini dari Pantai Sendang Biru, Malang. Dari sinilah perjalanan menuju ‘surga’ berawal. Di pulau tanpa penghuni ini terdapat sebuah laguna yang sudah menjadi tujuan wajib wisatawan, yaitu Segara Anakan. Ets, sebelum bisa menyaksikan keindahannya, Anda harus lapor terlebih dahulu, sebab ini adalah cagar alam. Ada penjaga keamanan di kantor yang berada di pojok kanan Pantai Sendang Biru.
Perizinan sudah selesai, kini saatnya menjelajah Pulau Sempu. Sebelum bisa mencapai laguna yang cantik, Anda harus trekking membelah hutan selama sekitar 2 jam. Usahakan datang pada musim panas karena tanah yang kering memudahkan perjalanan trekking.
Perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar kontan saat menjejakkan kaki di pasir putih laguna yang bersih dan lembut. Pemandangan karang yang menjulang seperti tembok alam nan asri membuat perasaan gembira tak karuan. Tak jarang traveler yang ke sana mengaku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Jangan lupa menjaga kebersihan, ya!

2. Toko ‘Oen’ (10 persen)
Banyak yang bilang, belum ke Malang jika belum mencicipi es krim di Toko ‘Oen’. Jelas saja, toko yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini memang memiliki menu es krim yang nikmat.
“Yang jadi favorit di sini adalah es krim, semua rasa. Karena asli bikin sendiri, tanpa pengawet dan bikinnya manual,” jelas staf Toko ‘Oen’, Nia saat dihubungi detikTravel, Rabu (24/10/2012).
Penasaran? Datang saja ke Jalan Basuki Rahmat No 5. Di situ Toko ‘Oen’ berdiri dengan arsitektur tempo doeloe lengkap dengan jendela-jendela besarnya. Begitu melangkahkan kaki untuk masuk ke dalam toko, Anda akan disuguhkan suasana khas zaman kolonial Belanda. Kursi-kursi rotan dengan meja bulat yang besar juga masih dipertahankan di sini.
Satu porsinya, es krim dibanderol dengan harga Rp 13 ribu per scoop, kecuali es krim durian seharga Rp 20 ribu. Selain es krim, Toko ‘Oen’ juga terkenal dengan steak lidah yang mantap. Menikmati steak lidah dengan es krimnya yang nikmat sambil duduk di tengah suasana kolonial Belanda pasti bisa membuat Anda betah berlama-lama di sini.

3. Coban Rondo (9 persen)
Selanjutnya ada Coban Rondo. Air terjun yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Malang ini menyita perhatian sekitar 9 persen d’Traveler. Tempatnya yang berada di kawasan lereng Gunung Kawi menambah pesona dan kesegaran air terjun ini.
Air terjun ini sudah lama menjadi destinasi favorit di Malang. Tingginya mencapai 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 mdpl, maka tak heran gemercik airnya sangat dingin dan sejuk. Suhunya pun dapat mencapai 22 derajat celcius. Maka Coban Rondo adalah tempat yang pas untuk melepas kepenatan. Apa lagi perpaduan air yang jernih serta pepohonan yang hijau akan menambah pesona air terjun Coban Rondo.

4. Alun-alun Malang (8 persen)
Hampir semua kota di Indonesia memiliki alun-alun. Selain digunakan sebagai taman kota, lokasi ini biasanya juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berwisata. Sama halnya di Malang, alun-alun juga menjadi destinasi favorit sebanyak 8 persen d’Traveler.
Jelas saja, Alun-alun Malang memang memiliki suasanya yang cukup nyaman, walaupun memang setiap hari tempat ini ramai dikunjungi banyak orang. Tidak hanya warga Malang saja, wisatawan dari luar kota pun banyak ditemukan di tempat ini.
Selain ruang hijau yang bisa dinikmati, ada juga beberapa pedagang kaki lima yang menjajakan aneka jajanan khas Malang di tempat ini. Menikmati pusat kota yang ramai sambil menikmati aneka kuliner murah-meriah di Alun-alun Malang, kenapa tidak?

5. Jawa Timur Park (8 persen)
Nah, kalau yang satu ini adalah kawasan wisata ternama andalan Jawa Timur, namanya Jawa Timur Park. Berada di Batu, atau berjarak sekitar 20 km dari Malang, area wisata yang juga dikenal dengan nama Jatim Park ini dipilih oleh 8 persen d’Traveler. Jatim Park dibagi 2 bagian, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.
Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berekreasi dan belajar di taman bermain, Jatim Park 1 adalah tempat yang tepat. Jatim Park 1 punya lebih dari 50 wahana seru, seperti kolam renang raksasa, play ground, remote car, jet coaster, bioskop 3D, dan masih banyak lagi. Puas bermain, kini saatnya untuk menambah ilmu. Ada beberapa wahana edukasi di Jatim Park 1, seperti Outdoor Science Center, Galeri Nusantara Science Center Kimia & Biologi, Amazing Human Body, miniatur candi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jatim Park 1 buka setiap hari, mulai pukul 08.30-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 50 ribu untuk hari Senin-Kamis dan Rp 60 ribu untuk hari Jumat-Minggu.
Sedikit berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 akan mengajak Anda kembali ke alam. Di sini terdapat 3 tempat yang seru, seperti Museum Satwa, Pohon Inn Hotel, dan Batu Secret Zoo. Bagi Anda pecinta binatang, Museum Satwa adalah tempat yang wajib dikunjungi. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 20 ribu, Anda sudah bisa menyaksikan replika satwa purba, seperti Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jika ingin menikmati kawasan ini lebih lama lagi, Anda bisa menginap di Pohon Inn Hotel. Uniknya, hotel ini berdesain layaknya pohon sungguhan. Bagi yang ingin bermalam di sini, Anda bisa menyewa kamar dengan harga mulai dari Rp 440 ribu hingga Rp 1,4 juta per malamnya. Sensasi menginap di dalam pohon bisa Anda rasakan di sini.
Selain itu, tidak jauh dari Pohon Inn Hotel, ada Batu Secret Zoo. Kebun binatang bergaya modern ini memiliki koleksi satwa yang cukup beragam. Dengan membayar Rp 55 ribu pada hari Senin-Kamis dan Rp 65 Jumat-Minggu, Anda sudah bisa berkenalan dengan berbagai binatang di Batu Secret Zoo.
Selain 5 destinasi favorit di atas, d’Traveler juga memilih tempat wisata lainnya di Malang. Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, dan Batu Night Spectacular masing-masing dipilih oleh 5 persen d’Traveler. Kemudian ada juga Pantai Sendang Biru yang dipilih oleh 3 persen d’Traveler.

0 komentar:

Posting Komentar